Kitab Negarakertagama: Naskah Asli dan Terjemahannya

Kadang kita bahkan sering kita memahami apa yang kita lihat saja tanpa menyadari dan bersykur terlahir dan hidup di negeri ini, alam dan raksaning urip tanpa kita sadari adalah menjadi luar biasa karena Nusantara bukan semata karena kemampuan olah pikiran kita semata.

Perjalanan Cinta

Wahai saudaraku. Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan kitab yang bernama Negarakertagama. Satu kitab yang mashur yang telah diakui oleh UNESCO sebagai memori dunia pada tahun 2008 silam. Mengapa begitu? Sebab kitab ini merupakan peninggalan yang sangat berharga dari kerajaan Majapahit dan telah terbukti kesahihannya.

Namun demikian, tentu tidak semua dari kita yang pernah membaca secara lengkap/detil isi dari kitab tersebut. Dan memang informasi lengkap tentang isi dari kitab ini tidak mudah untuk ditemukan, bahkan di perpustakaan umum sekalipun. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang sejarah dan isi dari kitab agung tersebut. Tujuannya tentu untuk kembali menyadarkan diri kita tentang arti dari sejarah dan hebatnya para leluhur kita dulu.

View original post 25,642 more words

Advertisements